Sabtu, 26 Agustus 2017

Kalau Skripsimu Ingin Cepat Selesai, Stop Dulu Aktif di Media Sosial

Tags

Kalau Skripsimu Ingin Cepat Selesai, Stop Dulu Aktif di Media Sosial

Ini memang bukan sebuah teori yang mutlak untuk dipercaya dan diikuti. tapi percaya atau tidak, mahasiswa yang sedang sekarat menyelesaikan skripsinya akan terhenti karena terlalu sering aktif di media sosial.
Memang lumayan sulit, di era tsunami informasi ini memang dituntut untuk tidak “tertinggal” mengkonsumsi sejumlah informasi yang beredar, bahkan informasi hoax pun ikut termakan. Namun, kalau masalah ingin fokus nulis skripsi dan menyelesaikan kuliah sebaiknya keaktifan di media sosial sudah bisa dikurangi bahkan kalau bisa istirahat sejenak.
Fokus dulu untuk skripsimu. Berteman dulu dengan buku-buku penelitian, perpustakaan dan teman-teman jiwa pembelajar. Kalau memang terdesak untuk mencari bahan yang sulit ditemukan dalam buku, silakan buka browsermu, tapi jangan pernah coba buka akun media sosialmu. Kalau browser media sosialmu terbuka, jangan harap bahan skripsi yang kamu cari sebelumnya akan sempurna. Kamu pasti akan lalai dengan beranda facebookmu atau twitter, instagram dan lainnya.
Kamu Harus Tegas Bahwa Kamu Tidak Akan Tergoda dengan Beranda Medsosmu
Beranda media sosial memang godaan luar biasa. Ia bisa melaikan seseorang bukan menit, tapi durasinya berjam-jam. Maka jika kamu memang benar-benar tekadmu sudah bulat menyelesaikan skripsi, kamu harus tegas bahwa kamu tidak akan mengakses berbagai media sosial. Tahan dulu keinginanmu untuk membaca berita viral di media sosial.
Anggap saja untuk saat ini kamu sedang berpuasa media sosial,dan haram hukumnya membukanya. Kalau pun sulit untuk kamu lakukan, delete saja dulu aplikasinya di hpmu atau block dulu atau tutup akun sementara. Itu dilakuakn kalau memang kamu tidak sanggup menahan godaan media sosial. Tapi sebelum hal itu kamu lakukan, sebaiknya diberitahu terlebih dahulu kepada teman-teman terdekatmu bahwa kamu saat ini sedang tidak aktif di media sosial, bagi yang perlu suruh kontak langsung nomor Hpmu.
Jauhkan Diri dari Tempat-Tempat Yang Tersedia WiFinya Kalau Mau Buat Skripsi
Terkadang kita butuh tempat tertentu agar fokus untuk menghajar skripsi. Memang ada sebahagian yang mampu dan fokus disatu tempat, rumah misalnya atau kos. Tapi ada banyak mahasiswa yang membutuhkan tempat tertentu, karena ditakutkan jika ditempat seperti rumah atau kamar akan ada gangguan kecil-kecil lainnya. Contohnya, seperti di kamar, disaat kamu hilang ide atau ada kesulitan sedikit di lembaran skripsimu dan kamu berhenti sejenak, lihat kasur, bantal guling, telerlah kamu.
Nah, biasanya mahasiswa-mahasiswa yang sedang berjuang dengan skripsi cafe atau warkop menjadi tempat andalan. Tapi dengan syarat cafe atau tempat tersebut tidak ada jaringan internetnya (wifi). Loh, kenapa? Bukannya penting ada jaringan internet, jika ada bahan yang perlu langsung bisa online. Memang iya jawabannya. Tapi, ada tapinya ini loh. Tidak menjamin kamu akan lalai dengan internet meskipun yang kamu akses bukan media sosial yang seperti dijelaskan diatas. Ada banyak bacaan lainnya di internet yang bacaanya semakin lama semakin asyik untuk diikuti. tinggal lagi dech skripsimu.
Caranya bagaimana ? sebaiknya siapkan dulu bahan skripsimu sebanyak mungkin. Kemudian jangan lupa siapkan modem atau kuota internet di Hpmu. Disaat terdesak memang harus online cari bahan, buka sebentar kemudian langsung matikan. Biasanya kalau kuota pribadi yang digunakan agak sedikit irit penggunaannya dari pada wifi gratis yang disediakan di warkop tertentu.
Terlepas dari apa yang sudah dijabarkan diatas, memang ada sebahagian mahasiswa yang sanggup menyelesaikan skripsinya dan ia tetap aktif di media sosial. Tapi menurut ragam cerita mahasiswa, kebanyakan mahasiswa gagal skripsinya karena terlalu lalai dan asik dengan media sosial.
Coba aja kalau gak percaya  ! lalai atau semakin melalaikan.
Sekian. Semoga cepat siap skripsinya ya.


EmoticonEmoticon